Senin

Mendaftar E-mail Me From yang Benar Bagian 2

Mendaftar E-mail Me From yang Benar Bagian 2. Sahabat Info ade blogs semuanya, Pada bagian 1, sudah di jelaskan tentang mengisi formulir untuk mendaftar email me from, untuk melanjutkannya langsung saja kita bahas seperti postingan saya berikut, formulir yang telah dibuat adalah seperti gambar berikut:


Pada tahap ini kita akan mengatur properti pada identitas formulir, sebagai berikut:


Baca Juga
  • Mempercepat Internet di HP
  • Menghapus Artikel di Blog
  • Membuat Text Berjalan

  1. Klik pada Name,dan tampilan formulir yang kita buat sebagai berikut:
  2. Pada Field Label (Nama Field), ganti dengan Nama
  3. Pada Optoins, ada 2 pilihan yakni  Required (kalau diberi centang berarti pengujung harus mengisinya) dan Mask Field (Jika ini dicentang, maka saat ada yang mendaftar berarti akan menjadi data yang ditampilkan pertama dalam pengelolaan data)
  4. Show Field to, artinya siapa saja yang dapat melihat Field. Karena ini formulir pendaftaran terbuka, maka kita pilih Everyone
  5. Name Format adalah format nama pendaftar. Jika kita memilih normal, maka pengunjung cukup memasukkan nama awal dan nama akhir saja, namun jika kita memilih extended, maka nama gelar pun akan turut dimasukkan
  6. Cell align, adalah posisi field/cell dalam kondisi apa, kita pilih saja left (field akan ditempatkan rata kiri)
  7. Instructions for User, adalah perintah untuk pengguna/pengunjung yang melakukan pendaftaran. Kita dapat mengosongkannya
  8. Untuk Field yang lain, anda dapat melakukannya sendiri dan pada prinsipnya hampir sama dengan Field Name.
  9. Selanjutnya anda dapat melakukannya sendiri sebab pada dasarnya field yang lain caranya hampir sama dengan field name.
  10. Klik Save maka akan muncul halaman berikut ini:

  11. Klik pada Nomor 4. Take me back to form manager, dan anda akan dibawa pada halaman berikut:
  12. Pada tahap ini, formulir yang buat sudah berhasil dilakukan. 
Memasukkan Formulir ke dalam Halaman Web
Untuk memasukkan formulir pada halaman web yang anda buat, klik pada tab Code pada gambar di atas, dan anda akan di bawa pada halaman berikut:


Penulis akan menggunakannya pada halaman web yang dibuat dengan PageBreeze HTML. Jika Anda juga demikian, klik pada HTML Only, lalu salin (copy) semua kode HTML yang ada pada gambar di atas, lalu masukkan pada halaman web yang kita bua. Karena formulir ini adalah 1 file yang terpisah dengan file lainnya, maka bukalah kembali program PageBreeze HTML dan kira-kira tampilannya sebagai berikut:

Gambar di atas dalam tutorial sebelumnya terdapat pada cara memasukkan tabel. Klik Save As pada tab File lalu simpan file denggan nama formulir_registrasi.html (baca artkel sebelumnya pada cara membuat menu ini link'a : http://www.naskah.net/2012/04/membangun-website-dengan-pagebreeze.html). Setelah file berhasil dibuat, hapus tabel yang bada pada gambar di atas (Kalimat Layanan Yang Tersedia biarkan saja dulu), dan kira-kira tampilannya sebagai berikut:

Klik pada HTML Suorce, dan tampilannya seperti gambar berikut:


Cari kalimat yang bertuliskan Layanan Yang Tersedia, lalu Blok kalima tersebut setelah ditemukan kira-kira tampak seperti pada gambar berikut:



Setelah itu salin (Copy) Kode HTML (Pilih pada HTM Only) formulir yang telah ditebuat pada emailmeform, dan paste ke dalam halaman web yang kita buat (pastikan kalimat Layanan yang Tersedia dala keadaan diblok), dan kira-kira hasilnya sebagai berikut:


Kemudian kembali (klik) pada Tab Normal dan tampilan halaman web anda seperti halaman berikut:


Identitas pada Formulir masih dapat kita ubah sesuai kehendak kita, jika tidak ingin mengeditnya (menyuntingnya), simpan halaman web yang anda buat dengan menekan Ctrl + S pada Keyboard anda.

Sekian dulu share saya kali ini tentang Mendaftar E-mail Me From yang Benar Bagian 2, semoga bermanfaat buat kita semua.

Tidak ada komentar: