Senin

Active Directory Windows Server 2003


Sekilas Active Directory :
Semua hal yang berhubungan dengan services dan domain terdapat pada active directory. Untuk menginstall Active Directory memerlukan kartu jaringan NIC (Network Interface Card) yang mumpuni serta harddisk harus terinstal windows server 2003 dengan format NTFS.

Instalasi Active Directory :
Ada 2 cara dalam menginstal Active Directory yaitu :
1. Dengan mengetikan DCPROMO pada RUN
2. Menggunakan Wizard yang ada yaitu Manage Your Server


Step 1 : Pilih Add or Remove Rool Kemudian NEXT



Step 2 : Pilih Domain Controller (Active Directory) kemudian NEXT


Step 3 : Pada saat pernyataan Active Directory Instalation Wizard tampil Klik OK kemudian NEXT untuk                 melanjutkan proses.


Step 4 : Pilih Domain Controller for a new domain kemudian NEXT ketika tampil kotak dialog a create a new domain pilih domain in a new fores kemudian NEXT.

Step 5 : Selanjutnya pada kotak a New Domain Name ketikan nama Domain misalnya kantorku lalu klik NEXT biarkan proses berlangsung, jika tak ada kesalahan secara otomatis kotak dialog NetBios Domain Name akan terisi kantorku, Kemudian Klik NEXT.


 Step 6 : Setelah tampil kotak dialog Database dan Log Folder tentukan lokasi penyimpanan data yang berhubungan dengan database dan log tersebut. Kemudian NEXT



Step 7 : Setelah Shared System Volume tampil klik NEXT hingga tampil kotak dialog DNS Registration Diagnostic. Jika ingin membuat DNS otomatis untuk server pilih Install and Configure the DNS on this Computer, kemudian klik NEXT. Kemudian akan tampil pertanyaan “ apakah komputer ini dapat digunakan oleh semua komputer berbasis windows server  2000 dan 2003 kebawah atau hanya Microsoft windows 2000 dan 2003 saja”, saya sarankan agar anda memilih dapat digunakan pada 2003 kebawah agar dapat berbagi pada server ini.


Step 8 : Ketikan Password pada Directory Service Restore Mode Adiministrator Password, setelah selesai kemudian klik NEXT hingga muncul tampilan Summary.



Step 9 : Setelah tampil kotak dialog Completing the Active Directory Installation Wizard klik Finish maka tampil kotak dialog Windows must be restarted before the changes made by the active directory installation wizard take effect, kemudian pilih Restart.



Step 10 : Klik Finish

Keterangan : Pada saat proses instalasi Active Directory di tanyakan IP Address pada penulisan ini saya membiarkan tidak mengisi IP ADDRESS terlebih dahulu karena pemberian alamat IP Adress tidak bisa sembarangan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan pengaturan dalam jaringan yang akan kita buat.

Tidak ada komentar: