Rabu

SEO bukan hanya Google

Hal yang di hadapi serta kasus yang beredar di kalangan pemberi tutor tentang SEO adalah mengapa selalu membahas hanyasatu mesin pencari? Ambil saja contoh di indonesia kebanyakan yang di bahas untuk mengoptimasi sebuah website atau blog di mata mesin pencari yaitu harus bisa di lacak Google, loh..kenapa harus google? Pastinya jawaban itu beraneka ragam dan survey membuktikan hasil jawaban untuk blogger indonesia karena google lebih terkenal dan lebih friendly.
Siapa bilang google terkenal di dunia? mungkin hanya di Indonesia, kenapa saya katakan seperti itu karena dari hasil pengecekan di alexa.com maupun di situs lain itu berbeda-beda misalkan di indonesia yang merajai adalah facebook dan yang kedua adalah google. Sedangkan di negara lainnya berbeda misalkan di san diego kebanyakan mayoritas pengguna internet mencari di mesin pencari MSN atau di sebut Bing.
Dalam artian setiap wilayah berbeda tingkat popularitas mesin pencari, so..untuk menjadikan website kita alat pemasaran yang baik berarti harus baik juga di mesin pencari. Namun jika kita hanya berfokus pada satu mesin pencari itu sama saja pemasaran website kita berjalan di tempat. Saya pernah senam SKJ waktu SD dan gerakannya sampai sekarang seperti itu juga, begitupun jika kita hanya berfokus pada salah satu hal maka gerakan kita hanya sebatas itu.
Pengoptimalan sebuah website bukan hanya pada mesin pencari juga, tetapi bisa pada social media seperti facebook, twitter dan sebagainya, itu bertujuan agar website tidak berjalan di tempat. Mungkin ada bantahan juga tentang mesin pencari yang lainnya seperti ini contohnya:
"loh kenapa saya harus mengoptimalkan mesin pencari lain seperti bing, Yahoo! dan yang lainnya karena itu tidak berguna yang saya tau google banyak penggunanya dan saya tidak perlu dengan bing dan mesin pencari lainnya"
Lalu saya akan membantah peryataan tersebut, begini bantahan nya:
"Itu semua tergantung anda sang pengelola, tapi bagi saya satu pengunjung dari manapun sangat berarti untuk pemasaran website saya bagi saya satu adalah angka keramat bisa menjadi seratus bahkan seribu".

Tidak ada komentar: