Jumat

Waspada, Ancaman Conficker Incar Windows

NEW DELHI - Sebuah worm terdeteksi menyerang sistem Microsoft Windows sebanyak 220 juta kali di seluruh dunia dalam dua setengah tahun terakhir.

"Worm Conficker terdeteksi 220 juta kali di seluruh dunia dalam dua setengah tahun terakhir. Ini menjadikan salah satu ancaman terbesar bagi perusahaan," kata Microsoft Security Intelligence Report Volume (SIRv12). Seperti diwartakan The Economic Times, Jumat (27/4/2012).

"92 persen infeksi Conficker berasal dari password yang lemah dan 8 persen infeksi dieksploitasi melalui kelemahan sistem keamanan sistem komputer," kata laporan itu.

Worm komputer adalah sebuah program komputer malware mandiri yang mereplikasi untuk menyebar ke komputer lain. Pada kuartal keempat 2011, Conficker terdeteksi pada 1,7 juta sistem di seluruh dunia.

"Conficker adalah salah satu masalah keamanan terbesar yang kita hadapi, namun kami memiliki ketahanan yang baik," kata Microsoft Trustworthy Computing Director Tim Rains.

Untuk melindungi sistem, Microsoft merekomendasikan pengguna memiliki password yang kuat, menjaga sistem up to date dan menggunakan perangkat lunak antivirus dari sumber yang terpercaya.

Tidak ada komentar: