Rabu

Mengenal Google Sandbox

9G54XFTE222J 
Gara2 artikel saya tentang Kucoba.com Tempat Add Bookmark terkena google sandbox maka tak ada salahnya jika kali ini saya ingin mengulas tentang apa itu google sandbox.

Sebelum melanjutkan tentang

google sandbox

, saya ingin curhat bentar neh :D terus terang ajah, ini adalah kontes seo pertama saya, maklum newbie, memang sih sebelumnya pernah ikut kontes century 21 broker properti jual beli rumah tapi waktu itu sebatas perkenalan saja sama yang namanya kontes seo.

Kembali ke cerita 

terkena google sandbox


 artikel yang saya tulis sebenarnya sudah ada di posisi 7 dan sempat naik di posisi 5 untuk keyword Kucoba.com Tempat Add Bookmark di google.co.id. Tetapi alangkah terkejutnya saya keesokan harinya artikel tersebut sudah hilang entah di page brapa, bahkan ketika di cek di seo serp pun juga ga ada, yang ada malah homepage blog ini.

Usut punya usut ternyata artikel saya lagi dipenjara oleh google alias terkena google sandbox, makanya menghilang dari peredaran :(





Apa itu google sandbox?

Jika diartikan secara kasar google sandbox berarti penjara pasir, alias artikel kita terhisap pasir hidup (asli ngasal neh hehehe), untuk lebih jelasnya kita tanya wikipedia saja :)

The Sandbox (a.k.a. Sandboxing or the sandbox effect or the Google penalty) is a name given to an observation about the way Google ranks web pages in its index. It is the subject of much debate—its existence has been written about since 2004 but not confirmed, with several statements to the contrary. (wikipedia)

Kira-kira artinya seperti ini

Sandbox (atau Sandboxing, atau penalti dari Google) adalah istilah yang diberikan untuk cara kerja Google melakukan penyusunan rangking di indexnya. Google Sandbox masih banyak di perdebatkan dan istilah ini muncul pertama kali di tahun 2004 akan tetapi belum ada pernyataan resmi tentang kontroversi tersebut

Hehehe aneh ya, menurut saya mah ini bukan lagi harus diperdebatkan, tetapi ini memang ada, lha buktinya artikel saya hilang, padahal kalau di cek di google.com masih
 di halaman 1 lho. Itulah uniknya algoritma Google, bisa mendeteksi dimana kita seharusnya kena sandbox, kok ya ga di google.com ajah sih kena sadbox nya :(

Jika sobat ingin mengetahui apakah artikel sobat terkena google sandbox atau tidak, sobat bisa menggunakan tools berikut ini:
Google Sandbox Checker Tool
Google Banned Checker Tool
Google Penalty Checker Tool

Penyebab terkena google sandbox

Masih dari wikipedia, penyebab terkena google sandbox pada intinya adalah terlalu banyak link farm, berikut ini kutipannya
Google has long been aware that its historical use of links as a "vote" for ranking web documents can be subject to manipulation, and stated such in its original IPO documentation. Over the years Google has filed a number of patents that seek to qualify or minimise the impact of such manipulation, which Google terms as "link spam". (wikipedia)
Dari pernyataan diatas, jika dihubungkan dengan kronologis bagaiamana artikel Kucoba.com Tempat Add Bookmark ini masuk sandbox jelas penyebab utamanya adalah terlalu banyak backlink, padahal umur artikel masih belum 24 jam. Intinya karena kita melanggar atau tidak patuh dengan Google Webmaster Guidelines.
Memang saya melakukan optimasi terlalu berlebihan sepertinya, selain juga mungkin karena faktor seo on page yang sampai 100% di chkme.com dan validasi html yang hanya sekitar 20an error saja.

Ciri-ciri terkena google sandbox

Perlu diketahui, tekena google sandbox bisa dibagi menjadi dua. Pertama google sandbox pada domain, jika ini yang terjadi maka seluruh artikel kita akan menghilang dari peredaran, yang kedua adalah terkena google sandbox pada artikel, bisa 1 artikel ataupun beberapa artikel.

Google Sandbox berbeda dengan google banned dimana jika kita terkena google sandbox, artikel atau blog kita masih bisa ditemukan dengan melakukan pencarian yang menggunakan sintaks khusus supaya lebih spesifik, sobat bisa mengeceknya dengan dok site.
site:http://blogedek.blogspot.com
Ciri-ciri atau indikasi terkena google sandbox lainnya adalah, jika blog atau artikel kita sebelumnya menguasai beberapa keyword di page one dan kemudian hilang entah kemana maka bisa dipastikan artikel tersebut terkena google sandbox.

Untuk cara mengatasi atau keluar dari google sandbox, silahkan sobat baca Cara Mengatasi / Keluar Dari Google Sandbox.

Oke, semoga bermanfaat dan semoga sobat terhindar dari kotak pasir alias Google Sandbox ini :D

Tidak ada komentar: