Jumat

tutorial membuat Forum

9G54XFTE222J  \

Dalam tutorial ini saya pengen nulis langkah-langkah membuat forum sendiri karena ternyata membuat forum tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan sekarang sudah banyak web yang menyediakan web forum gratis. Kekurangan forum gratis ini adalah kita tidak bisa akses file-file dan database forum. Jadi, kita akan kesulitan untuk memodifikasi forum seperti template, logo, avatar dll.


Di antara template board yang umum dan banyak digunakan antara lain: phpBB, Invision Power Board dan vBulletin. PhpBB menyediakan template gratis dan mudah dikonfigurasi (untuk pemula mungkin lebih cocok). Jika mau yang lebih advance bisa pilih vBulletin atau Invision Power Board. Kedua template board yang terakhir ini tidak gratis. Dibawah nanti akan saya sertakan link-nya.

Selanjutnya cari web host gratis (jika tidak punya domain sendiri lho). Ada banyak pilihan host gratis seperti 275mb.com, 3000mb.com, phpnet.us. Yang mesti diperhatikan dalam memilih host gratis adalah fasilitas yang

disediakan, spt MySQL database (mesti ada), FTP akses (memudahkan upload file) dan permision setting (CHMOD folder/file).


Dalam tutorial singkat ini kita akan mencoba membuat forum di salah satu web host gratis. Misal kita pilih host 275mb.com sebagai hostnya. Pertama masuk ke web tersebut dan daftar account baru dng username yang kita pilih. Setelah proses pendaftaran selesai kita akan mendapat konfirmasi account melalui email: login, password, ftp akses, mysqlusername dan password.

Alamat web kita nantinya adalah seperti ini: http://username.275mb.com.

Nama username bisa kita pilih sendiri. Set template phpbb bisa didownload dari web resmi phpBB: http://www.phpbb.com/downloads.php. Kemudian login ke 275mb.com dengan username dan password kita. Ini untuk mengaktifkan MySQL database kita (contoh mysqldatabase kita adalah '278536') kemudian logout. Dari informasi ftp akses yang diberikan, upload template kita ke server menggunakan ftp client, cuteFTP mungkin pilihan yang sesuai. File dan folder yang perlu diupload adalah semua yang ada dalam folder 'phpBB2' yang telah kita download. Jika sudah masuk delete semua file atau folder yang ada. Karena template akan kita masukkan ke dalam folder 'forum' maka buat folder baru dengan nama 'forum'. Upload semua file ke dalam folder 'forum' menggunakan ftp client, langkah ini mungkin agak memakan waktu. Setelah proses upload selesai sekarang siap dilakukan proses instalalasi.

Dibawah ini contoh forum yang akan kita buat:

Alamat forum : http://username.275mb.com/forum/
Template board : phpBB
Databasename : 278536
Databaseusername : 278536
Password : 'yourpassword'
ftp akses : ftp://username.275mb.com
ftp login : username.275mb.com
password : 'yourpassword'

Sebelumnya CHMOD file config.php dari ftp client menjadi 666. Ini memberi permision agar file bisa ditulis. Jangan lupa untuk merubah ke 644 jika sudah selesai. Buka internet browser (IE, Firefox dll). Ketik alamat tempat folder instalasi:

http://username.275mb.com/forum/install/install.php

Proses ini akan membawa kita kepada windows baru spt gambar dibawah

Isikan informasi yang ada (sesuai informasi yang diberikan dalam email). Contoh:

Database Server Hostname / DSN: localhost (default)
Your Database Name: 278536
Database Username: 278536
Database Password: 'yourpassword'
Prefix for tables in database: phpbb_ (default)

Admin Email Address: 'email_kita@email_kita.com'
Domain Name:
Server Port: 80
Script path: /forum/
Administrator Username: bisa diisi username lain, misal nama kita
Administrator Password: 'password_baru'
Administrator Password [ Confirm ]: 'password_baru'

Klik install dan tunggu sampai selesai. Di akhir instalasi ada perintah untuk mendelete folder 'install' dan 'contrib'. Delete dari ftp client Kemudian login dan forum siap dimodifikasi.

Tidak ada komentar: