Jumat

Klinsmann: Inggris Sering Dikalahkan Diri Sendiri

Ade Blogs - Perjuangan Inggris di Piala Dunia semakin berat karena media yang tidak mendukung dan banyaknya kritikan pedas dari para penggemarnya, kata pelatih Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann, Selasa (29/5), yang menyatakan timnya siap melakoni laga di Brasil nanti.

Mantan pemain bintang dan pelatih Jerman itu berbicara secara umum tentang para pelatih dari negara-negara penggila bola yang memerlukan dukungan dari pihak mereka sendiri, terutama ketika masa-masa sulit.

Inggris, yang belum pernah memenangkan Piala Dunia sejak 1966, menjadi contoh ada sesuatu yang salah, seperti pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan di mana ketika itu Jerman menyingkirkan Inggris di babak 16 besar.

"Inggris sering dikalahkan diri mereka sendiri," kata Klinsmann. "Itu bukan lawan yang diperlukan tentunya. Mereka membuat banyak masalah bagi mereka sendiri."

"Anda bisa berkata,'Saya mendukung tim saya,'dari perspektif media, atau 'Saya beri mereka kesulitan dan saya beri mereka keraguan," ujar Klinsmann.

Klinsmann menceritakan ketika ia mengunjungi Brasil Desember lalu dan berbicara dengan pelatih negara tersebut, ia menekankan bahwa orang-orang Brasil harus mendukung pelatih Mano Menezes bahkan ketika tim tidak mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

"Anda memilih pelatih yang sangat bagus," kata Klinsmann. "Anda harus mendukungnya, bahkan ketika tugasnya tidak berjalan dengan sempurna. Anda harus mendukungnya, bahkan jika itu salah."

Klinsmann mengantarkan Jerman ke semifinal Piala Dunia 2006 di rumah sendiri sebagai contoh dukungan dari orang-orang yang menginspirasi di dalam skuad.

"Orang-orang mulai benar-benar positif. Mereka ingin menunjukkan Jerman yang baru kepada seluruh dunia," katanya. "Orang-orang melakukannya. Ini lebih dari sekedar pertandingan. Ini lebih dari sekedar memenangkan Piala Dunia